[Cakephp] Routes

Deskripsi:
        Routing di CakePHP merupakan fitur yang sangat powerfull dan digunakan untuk membuat URL terlihat baik. 

How to :
* untuk sementara saya hanya akan menjelaskan Router::connect (karena baru ini yang saya gunakan).

syntax:
Router::connect(URL,array(OPTION)).

problem example:
* saya ingin mengubah halaman HOME(myweb) cakephp ke halaman login saya.

myfolder (saya menggunakan WAMP) : WWW/Myweb/
URL on browser : localhost/Myweb

ketika saya ketik localhost/Myweb maka akan diredirect ke halaman pages cakephp, bagaimana cara menggantinya ???

untuk mengganti anda cukup buka file pada : Myweb/app/config/routes.php

tambahlan line dibawah ini :
Router::connect('/', array('controller' => 'login', 'action' => 'index'));
* '/' atau SLASH adalah halaman root folder anda.
atau
Router::connect('/Myweb/', array('controller' => 'login', 'action' => 'index'));

bagaimana jika saya ketik localhost/myweb   (Case Sensitive, kecil semua) , maka akan muncul pesan error karena cakephp tidak menemukan file tersebut dan bagaimana mengatasinya ? cukup kita redirect aja dan tambahkan lagi spellingnya :D

tambahkan line dibawah ini:

Router::connect('/myweb/', array('controller' => 'login', 'action' => 'index'));

maka ketika ada URL yang mengacu ke localhost/Myweb atau localhost/myweb akan ke direct page login, ini hanya baru basic Routes , ada yang lebih kompleks lagi untuk merubah routing controller dan juga parameter action.

selamat mencoba :)

Post a Comment

Harap gunakan bahasa yang baik dan sopan, terima kasih